Tuban Disebut Kota Wali, Apa Banyak Walinya?

Rabu, 30 Oktober 20130 komentar

Suatu ketika ada 2 (dua) orang yang asyik ngopi di warung seputaran Sunan Bonang, sebut saja Kang Koplak dan Mas Kopyor.

Beberapa saat kemudian datang peziarah dari luar kota. Setelah ngobrol beberapa saat, peziarah pun tanya, "kenapa Tuban disebut kota wali, apa banyak Walinya?". 

Kang Koplak pun menjawab, "kalau di jazirah arab diturunkan banyak Nabi karena harus menghadapi umat yang pada umumnya "mbrengkel" dan pranata sosial yang disebut jaman "jahiliyyah" (Terlihat serius peziarah ini mendengarkan cerita kang koplak)
Dan Kang Koplak pun meneruskan ceritanya, "kenapa di Tuban perlu banyak wali?, lha ngadepi (menghadapi) Mas Koyor ini saja sudah mumet apa lagi menghadapi umat di Tuban yang suka umat umatan"( Kang Koplak sambil ketawa menunjuk Mas Koyor)

Tahu dirinya dipakai bahan cerita, Mas Koyor pun menggunakan strategi total foot ball, pertahanan terbaik adalah menyerang... Mas Koyor pun dengan spontan menjawab, "itu baru saya, apalagi menghadapi komandanya" (sambil menunjuk pada Kang Koplak).......

Dan tertawa pun meledak di warung kopi. Ha ha ha

Sumber : Sebagaimana diceritakan seorang teman

===========================

Catatan :
  • Saat ini Pemerintah Kabupaten Tuban Memunculkan Motto Tuban Bumi Wali "The Spirit Of Harmony", tentu harus kita apresiasi positif, tentu hal ini akan lebih baik bagi citra kota Tuban dari pada Kota Tuak.
  • Ada beberapa Situs Sejarah, yang diyakini sebagai makam Wali Allah.
  • Menurut cerita teman yang ikut aktif penyusunan buku Tuban Bumi Wali "The Spirit Of Harmony", setelah dilakukan penelitian dari berbagai sumber, ada dua ratusan situs lebih... Tapi beliau sendiri mulai bertanya, "Apa ya dua ratusan lebih itu Wali Allah semua?"

Ada baiknya referensi berikut ini di lihat :
  1. http://fadhlihsan.wordpress.com/2010/02/25/sebutan-almarhum-untuk-orang-yang-meninggal/
  2. http://dedys582.wordpress.com/2012/08/05/macam-macam-syahid/
  3. http://uswahislam.blogspot.com/2011/11/3-macam-mati-syahid.html
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sordug Tuban - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger